Pokja Manajemen Sekolah (PMO) Level Sekolah
[28/10 13.25] Hary Setyawan: Berkelanjutan memastikan proses pemantauan perbaikan dan pengembangan kurikulum secara terus-menerus untuk menjaga relevansi dan kualitas jadi refleksi itu tidak hanya dilaksanakan sekali atau evaluasi itu tidak hanya dilaksanakan sekali terutama bagi ibu bapak guru setelah mengadakan pembelajaran itu seharusnya mengadakan evaluasi atau refleksi Apakah pembelajaran yang sudah dilaksanakan itu sudah mencapai kriteria ketuntasan atau tidak jadi tidak hanya di akhir tahun itu kita merefleksi kurikulum tapi diawali dari pembelajaran yang sudah dilaksanakan itu kita mengevaluasi atau merefleksi sebagai bahan untuk membuat rencana pembelajaran berikutnya agar kualitas pembelajaran berikutnya lebih baik lagi. Kurikulum yang pertama kesenjangan kapasitas guru kesenjangan kemampuan guru ini adalah merupakan tantangan utama memastikan guru-guru memiliki kemampuan yang memadai untuk mengimplementasikan kurikulum dengan baik yaitu melalui pelatihan dan pengembangan profesional guru harus ini harus teori Haris harus kita mengadakan gravitasi kira-kira atau pengembangan Apa yang harus kita prioritaskan untuk menjaga apa ya untuk menjaga kesenjangan jangan sampai ada dan pendidikan terhadap kependidikan yang unggul ada pendidik yang di bawah unggul seperti itu Jadi untuk menjaga kesenjangan itu jadi kita memprioritaskan kemampuan ataupun materi-materi ketika kita mengadakan webinar ataupun Terminal dan Workshop lainnya yang kedua perubahan kebijakan yang dinamis perubahan kurikulum seringkali terjadi akibat perubahan kebijakan pendidikan hal ini menuntut fleksibilitas dan adaptasi yang tinggi dari sekolah dalam mengelola kurikulum jelas di sini kami dalam membuat atau menyusun kurikulum dari kurikulum 13 kita rubah ke kurikulum Merdeka begitupun ibu bapak guru dari misalnya rencana pembelajarannya dari RPP berubah ke modul aja Yang atp-nya efeknya seperti itu jadi
[28/10 13.28] Hary Setyawan: Ada kesempatan kita untuk menggali potensi kita atau menggali kapasitas yang ada pada diri kita ini salah satunya kita mengefektifkan kegiatan Kombes di situlah kita akan nanti akan saling berbagi saling dapat menghambat implementasi kurikulum yang optimal pengelolaan sumber daya yang efektif menjadi Kunci keberhasilan dan di sini untuk berdaya misalnya jadi dalam pembagian atau pemetaan kelas bisa sesuaikan dengan kapasitas dari ibu bapak yang ada kemudian di sumber daya atau yang fasilitas daripada pembelajaran itu kita penuhi ke tahap demi setahan sesuai dengan kemampuan kita begitupun yang lainnya jadi ini adalah tantangan dalam pengelolaan kurikulum itu pertama kesenjangan kapasitas guru perubahan kebijakan yang dinamis dan keterbatasan Sumber daya itu pun kita hadapi bareng supaya kita bisa melaksanakan program pemerintah
[28/10 13.30] Hary Setyawan: Untuk di Bintang kerja hari ini adalah akan mempengaruhi kinerja kita di kesehariannya menjalin komunikasi yang terbuka dan aktif dengan seluruh pemangku kepentingan seperti orang tua masyarakat dan pemerintah di masing-masing kelas sudah terbentuk menjalin
[28/10 14.03] Hary Setyawan: check proses maupun akhir pembelajaran tes formatifnya kira-kira sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang sudah kita sampaikan dan tekniknya seperti apa bisa dengan wawancara mungkin bisa juga dengan angket mungkin bisa juga dengan sebaran-sebaran atau kontes yang objektif seperti itu oke kurikulum Kita sudah melaksanakan setiap tahun kita mengadakan revisi kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik baik itu sekolah pendidik juga siswa kemudian paling kanan kompetensi guru melalui apa melalui pengembangan keprofesional berkelanjutan atau PKB baik secara mandiri maupun secara komunitas baik di komunitas belajar level sekolah antar sekolah maupun di PMR fasilitasi sumber daya menyediakan sarana dan prasarana yang bertumpuk pelaksanaan kurikulum sekolah sedang melengkapi menyediakan sarana prasarana yang terkait dengan sumber daya sumber pembelajaran yang berbasis ipd itu adalah informasi dari sudah berjalan kemudian pelajaran kita dari waktu ke waktu lebih berkualitas lebih baik bagi jadi setelah refleksi dari refleksi itu kita jadikan Pedoman kita jadikan acuan dalam pembuatan rencana pembelajaran untuk lebih baik lagi dengan rencana pembelajaran yang lebih baik Insyaallah akan diikuti dengan kualitas pembelajaran yang lebih baik lagi Kemudian memberi umpan balik konstruktif umpan balik yang membangun yang memberikan motivasi kepada guru yang lebih atau supaya lebih berkualitas bagi dalam pembelajaran supaya berkualitas lagi dalam memberikan pendampingan kepada peserta didik jadi kepala sekolah di sini memberikan masukan dan saran kepada pendidik itu berdasarkan hasil observasi dan data dari raport pendidikan yang konstruktif yang bersifat membangun tidak ada masukan atau motivasi yang tidak bisa membangun atau bisa menjatuhkan atau mengutamakan dari pendidik tidak jadi motivasi di sini adalah memberikan motivasi atau saran yang membangun untuk lebih baik lagi kualitas pembelajarannya referensi oleh guru berbasis data guru melakukan revisi dan evaluasi itu berdasarkan data yang diperoleh kalau keseharian mungkin dari data evaluasi evaluasi formatifnya sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang sudah disampaikan itu mungkin kalau kesehariannya Tapi kalau dalam tahunan kita lihat di raport pendidikan sejauh mana kualitas pembelajaran kita terutama mungkin dari faktor literasi dan perubahannya ada juga. karakter itu jadi jangan melakukan represi ibu dan bapak guru tidaknya berbasis data anak-anak pun melakukan refleksi sejauh mana pembelajaran atau pemahaman yang sudah mereka peroleh dari pembelajaran yang sudah dilaksanakan budaya transparansi dan objektivitas siswa didorong untuk menghargai keragaman pendapat dan memberikan umpan balik yang objektif terhadap proses pembelajaran jadi ketika diskusi kita Munculkan untuk karakter tanggung jawab dan mandiri serta menghargai pendapat orang lain tanggung jawab kemudian budayakan transparansi dan objektivitas kepada anak bisa kita lihat ketika mengadakan refleksi Di akhir pembelajaran pembelajaran dan sudah dilaksanakan pula observasinya di sini sudah beberapa kelas itu sudah melaksanakan atau pembelajarannya itu berbasis IT kemudian kegiatan lumba-lumba juga ini adalah salah satu dari pelaksanaan politik atau implementasi dari kurikulum kemudian ikut kegiatan partisipasi HUT RI ini pun salah satu penyelenggaraan atau implementasi dari pelaksanaan kurikulum merdeka dan bokingan ini dari p5-nya kemudian Vatikan juga perindo kita memperdayakan siswa-siswi dan mengenalkan Apa sih yang kira-kira untuk membekali kepada anak yang kira-kira untuk modal anak ke depannya atau di masa yang akan datang ini sudah kita laksanakan kemudian juga membatik komunitas juga kemarin di awal tahun pelajaran kita sudah mengadakan notifikasi untuk mengimplementasikan dari Baik terima kemudian agar kemudian Bu Ari tanggal 8 Oktober Bu Puji tanggal 14 Oktober U3 tanggal 21 Oktober kemudian Pak marhani kemarin tanggal 24 Oktober dan Pak hari tanggal 25 Oktober kemudian tanggal 16 Oktober dan Bu Fitri tanggal 15 Oktober jadi semua pendidikan tenaga kependidikan di sini sudah melaksanakan observasi pembelajaran dengan teknik kemarin itu adalah objek yang kucing kucing kelas itu di energi Pak di X kinerja di pr-nya oke di sini di sini Saya tidak menilai tapi Bu justru saya menanyakan di awal observasi itu kepada masing-masing guru perilaku apa yang akan dikembangkan ketika observasi nanti kita nanti karena menggunakan mesin ya dalam pembelajarannya kemarin kita sudah lengkapi tiga kelas dengan pemasangan TV di masing-masing kelas kemudian identitas yang lainnya pemasangan LCD jadi mudah-mudahan dengan melengkapi dengan memfasilitasi masing-masing kelas pembelajaran berbasis IT mudah-mudahan akan meningkatkan kualitas pembelajaran di masing-masing kelas observasi kemarin di mana untuk menumbuhkan rasa atau rasa belajar sepanjang Hayat berprestasi Mandiri kemudian juga untuk mewujudkan profil belajar Pancasila dalam mencapai tujuan pembelajaran namun ada beberapa ada yang memerlukan perbaikan dan itu justru nanti di setiap tahun kita mengadakan revisi terhadap kurikulum kalau kurikulum di tahun pelajaran nanti belum berubah mungkin nanti akan berubah seperti apa pada tanggal 17 mudah-mudahan ya Yang lebih Yang baik mungkin akan dipertahankan dan kita tingkatkan mungkin seperti itu kemudian rekomendasinya untuk penguatan kolaborasi mendorong lebih banyak kolaborasi antar guru dalam merencanakan yang mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan data lebih kompetensi jadi Silahkan ibu bapak berkolaborasi antar teman kira-kira pembelajaran dari masing-masing kelas itu apa yang harus dipertahankan oleh apa yang harus dimiliki tingkatkan lagi itu harus selalu berkolaborasi dan berbagi pengalaman menyediakan pelatihan yang lengkap yang berfokus pada peningkatan kompetensi guru dalam mengajar mengevaluasi dan pembelajaran silahkan baik itu secara mandiri maupun secara komunitas jadi efektifkan komunitas belajar khususnya di level sekolah peningkatan partisipasi murid mengajak murid untuk lebih aktif dalam proses refleksi dan evaluasi dengan memberikan mereka ruang untuk menyampaikan pendapat dan umpan balik kembali lagi di Bogor dan Siti Airin pembelajaran berikan kesempatan kepada siswa untuk mengadakan refleksi jadi kita mendapatkan umpan balik dari pembelajaran yang sudah kita laksanakan dengan diri kita laksanakan secara terus-menerus dari pembelajaran jadi kita akan lebih meningkatkan kualitas pembelajaran ini kemudian yang terakhir ada pemanfaatan teknologi menggunakan teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis data pembelajaran sehingga refleksi dan evaluasi dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien silahkan digunakan fasilitas sarana prasarana yang sudah ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu refleksi kurikulum satuan pendidikan dan observasi yang sudah dilaksanakan dengan teknik kucing jadi Silahkan ibu bapak nanti menyampaikan di acara layang-layang menyampaikan pesan-pesan kira-kira perilaku yang sudah ditargetkan dalam rencana pembelajaran itu sudah tercapai apa belum dan Apa kendala ketika dalam konservasi misalnya mungkin itu yang saya sampaikan mohon maaf selalu berefeksi dan berkolaborasi untuk lebih meningkatkan kualitas dan kapasitas diri kita masing-masing lahiri di laptop kita wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
pada siang hari ini kita Walaupun ada kita teman guru yang pindah ikut bukan karena pada peserta didik yang sekolah SMP Negeri 2 soalnya Semoga senantiasa selalu bersambungkan kepada Tuhan agarku Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Semoga kita yang berada di luar ini atau keluarga kita SDN Negeri Itulah sebenarnya termasuk golongan umat Nabi Muhammad Amin guru kepala kepala sekolah dan teman-teman yang pertama kegiatan sekolah sudah luar biasa sekolah yang menjadi pilihan kepercayaannya yang sama sebagai jasa untuk menyekolahkan di ini semua karena kinerja sekolah yang dipimpin oleh burung Mulyana sehingga Wahyu begitu teman-teman di sini itu merupakan pilihan yang benar kemudian saya dalam kegiatan kinerja kepala sekolah yang mana rencana harian kerja dalam kegiatan sebagai pemimpin pembelajaran pengolahan kurikulum satuan pendidikan dilaksanakan selaku pengungkapan dan rhk itu nanti akan dinilai oleh sudah mengupload dokumen aksi yang banyak bisa berupa paparan bisa berupa dokumen foto kegiatan ketika sedang melaksanakan metode coating guru dalam merencanakan program pembelajaran kepala sekolah menanyakan isi guru dalam kelebihan yang dimiliki sudah memiliki berapa kemungkinan mungkin masih ada hubungan apa undangannya lalu guru nanti akan mengesahkan sendiri dengan cepat dari kepala sekolah sehingga kegiatan ini oleh Kepala Sekolah lagu sudah melaksanakan semua tadi saya melihat menyaksikan tayangannya dan itu memang dokumennya benar nasib ternyata memang betul bahwa diisini itu sudah dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang pengelolaan kurikulum satuan tribal Artinya bahwa kurikulum yang sulit disusun kemudian guru sebagai pembantu kepala sekolah untuk mencapai tujuan Sehingga digelapan dalam pengharapan itu pun didampingi didampingi kemudian profesional jadi kegiatan ini sebetulnya supervisi bedanya superficis bulan sekarang bukan menilai guru mengajar tapi bersama-sama guru meningkatkan kemampuan potensi guru dalam pembelajaran yang muaranya meningkatkan prestasi belajar siswa upaya yang sudah dituangkan dalam kurikulum berupa tenagakerjaan kongres sumberdaya sekolah yang ada sudah dituangkan untuk mencapai target prestasi belajar siswa itu teman-teman observasi pembelajaran apa yang sudah dilakukan ini tolong untuk ditindaklanjuti terus artinya tidak hanya ketika segala 24 saja oleh kepala sekolah tapi untuk setiap hari masuk kelas kemudian menjelaskan materi pelajaran tapi masuk kelas yang sudah siap dengan segala perangkat pembelajaran yang akan disampaikan itu setiap guru itu wajib membuat rencana pembacaan karena rencana Pembuatan itu merupakan acuan bagi guru menjadi pedoman baik guru dalam membimbing atau mendampingi proses belajar buat di kelas sesuai dengan alokasi waktu yang sudah dijadwal dalam kurikulum tanpa membawa rencana pembelajaran itu tujuan dari hasil pembakaran sulit juga diketahui hasil belajarnya dengan tanggung tanpa membawa rencana belajar itu juga akan susah dalam mengendalikan waktu kegiatan belajar sehingga itu burung merasa tidak betah di kelas karena merasa Kok lama sekali jauh pada orang lapar rasa tidak nyaman karena sering salah dalam menyampaikan rencana sehingga 350 karena apa kita tidak mempunyai patokan waktu untuk melaksanakan kemudian juga sulit untuk mengkondisikan siswa di kelas karena hati dan bidang belajar tidak dalam kondusif karena tidak setiap apa saja yang akan sampaikan dalam rencana berfungsi untuk memandu kegiatan guru dari pembukaan sampai dengan akhir kalau ada RPP atau modul aja dibuat oleh guru setiap masuk kelasku itu insya Allah akan nyaman kemudian siswa pun nanti akan mudah dikendalikan karena metode apa kemudian Kegiatan apa yang dilakukan agar suatu hidup tidak menjadi liar itu sudah diatur dalam rencana sampai merasa bosan di kelas karena kebingungan dalam pengelolaan waktu juga sementara para merasa meniru mulutnya ngomong saja sementara siswa juga tidak begitu mempelajarikan pamit sebentar ke kantor atau keluar dulu sebentar penggunaannya ketika sedang aksi nyata dalam proses pembelajaran pelaksanaan kurikulum karena guru adalah yang mengeksekusi tujuan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran baik pembelajaran intrakurikuler maupun okurikulele download visi misi Kemudian dari visi misi dituangkan dalam oleh negara berdasarkan kurikulum operasional pemerintahan untuk memastikan bahwa kurikulum yang dibuat oleh kepala sekolah bersama teman-temanku itu berjalan yang sudah tidak kepala sekolah itu perlu tahu wajib tahu dan berhak untuk tahu maka diadakan refleksi Iya nggak sih untuk memastikan bahwa tujuan sekolah yang dibuat oleh kepala sekolah bersama guru dan komite itu pimpinan pembelajaran dan pimpinan.
Komentar
Posting Komentar